Minggu, 14 Desember 2008

Windows XP mini PE

XP Mini Pe adalah sebuah OS Windows XP yang dioperasikan tampa perlu instalasi langsung dari CD. Mini PE berada di Windows XP Live CD yang sangat berguna untuk menyelamatkan sistem operasi, windows anda dari virus. MiniPE dilengkapi dengan software antivirus lengkap, antara lain antivir, avast dll. Selain itu juga sofwtare untuk data recovery, regsitry editor.
Karena itu kemampuan dan kegunannya tidak dapat dipandang sebelah mata, bahkan rasanya tidak akan lengkap bila harus memperbaiki sebuah pc tanpanya(dengan mempergunakan cd hirens ato cd tools for technician).

Karena kemampunnya beroperasi dalam windows, dan ditunjang dengan sederet(bahkan seabreg) program bantu maka CD ini dapat dipergunakan untuk pembersihan virus, data recovery, manipulasi harddisk, dsb. dengan tampilan yang menarik serta detail lebih baik dibandingkan dengan DOS.

Satu lagi kelebihanya, yaitu anti virus dapat diupdate dan sekaligus kebal dari serangan virus karena filenya berada di sekeping cd(tidak dimiliki untuk anti virus yang berada di harddisk).

Selain itu pada cd, Mini PE ini bisa diinstall pada UFD(Flash Disk) dengan bantuan Flash Boot. Akan Tetapi Apabila Lebih ditonjolkan sebagai pembersih Virus lebih baik dinstall pada keping CDRW untuk mudahan update.

Jika berminat bisa didownload di:

http://minipe।org/

Senjata Pamungkas Melawan Virus
23 Maret २००७
Artikel Majalah Chip Januari 2006

Kalau Pasopati digunakan oleh Arjuna sebagai senjata pamungkas untuk mengakhiri perlawanan Karna. Kira-kira apa Pasopati pengguna komputer melawan virus ? Mungkin ada yang menjawab Format. Itu sih bukan senjata pamungkas, tetapi Tsunami. Dan celakanya sekalipun komputer anda sudah anda format, tetapi sumber virusnya belum anda basmi (baik dari jaringan maupun dari Flash Disk) maka senjata Format tadi ternyata tidak sesakti yang terdengar karena virus akan kembali lagi. Cara terbaik adalah mengidentifikasi virus apa yang menyerang komputer anda, basmi sumbernya dan cegah agar komputer anda tidak terinfeksi ulang lagi dengan menginstal program antivirus seperti Norman Virus Control yang dapat mengenali virus lokal dengan baik.

Kucing kucingan dengan virus

Oke, saya terinfeksi virus. Tetapi bagaimana saya membasminya jika semua tools seperti Regedit, MSConfig, Command Prompt dan Task Manager di blok oleh virus ? Ada yang menyarankan untuk menggunakan tools pihak ke tiga seperti Process Explorer www.sysinternals.com yang secara pelan namun pasti mulai ikut di blok oleh varian virus yang muncul kemudian. Jawaban standar yang diberikan oleh vendor antivirus adalah bersihkan virus dalam Safe Mode. Tetapi hal itu rupanya hanya laku untuk virus mancanegara dan tidak untuk virus lokal. Banyak varian virus lokal yang cukup sakti sehingga mampu tetap aktif dalam Safe Mode sekalipun. Kalau begitu naik kelas lagi, gunakan Safe Mode with Command Prompt. Lagi-lagi banyak varian virus lokal yang mampu aktif dalam Safe Mode with Command Prompt. Apakah virus yang paling sakti adalah yang aktif dalam Safe Mode with Command Prompt ? Rupanya tidak, sesuai prinsip film Dragon Ball, di atas langit masih ada langit. Masih ada Super Sanya yang lebih memusingkan lagi. Tidak lain adalah virus Flu Burung / W32/Gnurbulf (yang ini khusus untuk komputer dan tidak menular ke manusia). Virus yang satu ini memiliki satu kemampuan unik mengunci komputer korbannya untuk “selalu” berada dalam menu Logon. Walaupun anda memasukkan Username dan Password yang benar, anda tidak akan pernah bisa Login ke komputer dan menu Logon akan muncul kembali. Coba saja restart komputer anda dalam Safe Mode atau Safe Mode with Command Prompt, lagi-lagi yang muncul adalah menu logon.

Kalau begitu, apakah jurus Tsunami (format) yang dipakai ? Jangan, masih ada jurus pamungkas. Mengapa ? Karena jurus ini merupakan jurus tertinggi saat ini dan belum ada virus lokal yang bisa berkutik melawan jurus ini. Namanya adalah NTFS for Dos. Namun sesua namanya jurus pamungkas, tentunya agak susah belajarnya. Tetapi kalau tidak mau belajar, anda tidak akan pintar. Oke, kalau anda bukan model muka konsol, masih ada pilihan lain. Gunakan Mini PE atau Bart PE.

Konsepnya sederhana. Virus apapun yang bercokol di komputer anda hanya akan aktif jika sistem komputer anda diaktifkan (komputer dinyalakan), dalam artian harddisknya dinyalakan dan OS Windows pada harddisk tersebut digunakan. Jika anda bisa mengakses harddisk bervirus tanpa menggunakan OS Windows pada harddisk tersebut berarti virusnya tidak akan aktif. Cara mudahnya adalah copot harddisk tersebut dan jadikan slave pada komputer teman / tetangga / pacar dan bersihkan virusnya, asalkan jangan sampai komputer pacar ikut terinfeksi virus ... kalau diputus cintanya karena menginfeksi komputer pacar dengan virus, bisa-bisa anda ikut2an membuat virus patah hati. Jika anda tidak punya pacar, atau pacarnya hanya punya HP dan belum punya komputer atau babenya pacar yang punya komputer itu galak ... maka jatuhkan pilihan pada NTFS for DOS, Mini PE atau Bart PE. NTFS for DOS mengakses harddisk dari DOS biasanya menggunakan disket / UFD, sedangkan MiniPE dan Bart PE membutuhkan CD Rom dan mampu mensimulasikan OS Windows XP dan mampu mengakses harddisk dan registri komputer anda.

salam,

Tidak ada komentar: